Powered By Blogger

Selasa, 20 Maret 2012

PENYAKIT JANTUNG REMATIK

Penyakit Jantung Rematik (PJR) atau dalam bahasa medisnya Rheumatic Heart Disease (RHD) adalah suatu kondisi terjadinya kerusakan pada katup jantung yang bisa berupa penyempitan atau kebocoran, terutama katup mitral (stenosis katup mitral) sebagai akibat adanya gejala sisa dari Demam Rematik (DR).
Demam rematik adalah penyakit peradangan (inflamasi) yang dapat timbul sebagai komplikasi dari infeksi pada tenggorokan (faringitis) yang tidak diobati atau tidak ditangani dengan baik. Peradangan kemudian dapat terjadi pada sendi, jantung, otak dan kulit. Jika peradangan terjadi pada jantung inilah yang disebut dengan Penyakit Jantung Reumatik. Jika sampai terjadi, akan terjadi cacat permanen pada jantung, terutama pada bagian katup jantung, tetapi dapat juga pada otot jantung itu sendiri. Penyakit ini tidak dapat disembuhkan dengan pemberian obat. Terutama jika yang terkena dibagian katup jantung, katup ini tidak lagi membuka dan menutup dengan baik, sehingga dapat terjadi perubahan pada aliran darah. 
Gejala-gejala akibat kelainan jantung akan menetap seperti cepat lelah, sesak nafas, berdebar-debar, detak jantung yang cepat dan mempengaruhi kehidupan seseorang. Jika sampai kerusakan jantung itu sangat parah, tidak menutup kemungkinan terjadi gagal jantung, keadaan di mana jantung tidak mampu memompa darah ke seluruh tubuh sesuai kebutuhan yang dapat berakibat kematian. Pada kerusakan jantung, satu-satunya penanganan adalah melalui operasi penggantian katup jantung.
Demam reumatik paling sering terjadi pada usia 5 sampai 15 tahun dan jarang terjadi pada usia di bawah 5 atau di atas 15 tahun, apalagi pada orang dewasa.

Dikutip dari artikel berjudul “Penyakit Jantung Rematik”
oleh Suci

Tidak ada komentar:

Posting Komentar