Powered By Blogger

Kamis, 08 Maret 2012

Hemat Energi,Kurangi Pelepasan Karbon

Hemat Energi,Kurangi Pelepasan Karbon
Kondisi bumi yang mengalami pemanasan global semakin berdampak pada kehidupan manusia.Cuaca di negara kita ini sudah tidak stabil lagi.Hal ini di sebabkan oleh karbon dioksida yang terlapas ke atsmosfer semakin banyak.
Gaya hidup masyarakat perkotaan banyak menyumbang terjadinya pemanasan global.Hal ini di sebabkan karena orang-orang perkotaan banyak yang memakai kendaraan bermontor. Jadi banyak polusi yang menyebabkan pelepasan karbon.
Pelepasan gas rumah kaca ke atmosfer terutama karbondioksida bias memperparah pemanasan global saat ini.Selain itu ternak yang mengandung konsumsi daging ternak berlebihan.Hal ini di sebabkan oleh kandungan emisi karbondioksida yang terdapat pada daging sangat tinggi.
Cara melawan global warming itu adalahmengubah gaya hidup.Contohnya merubah rumah kaca sebagai rumah kayu.Contoh yang lain adalah mengurangi kaca-kaca di gedung dan menggantikan dengan tembok.
Cara lain yang bias di gunakan melawan global warming adalah menghemat listrik.Caranya cukup sederhana yakni matikan alat-alat elektronik saat di gunakan .Hal itu sudah cukup untuk mengurangi pemanasan global saat ini.
Cara selanjutnya adalah mengurangi kebiasaan komputer dalam keadaan stand-by. Jika computer dalam keadaan stand-by listrik masih tetap mengalir dan yang membuat konsumsi listrik semakin besar.Hal ini bisa menyebabkan pemanasan global semakin parah.
Cara praktis kedua adalah bersikap lebih bijaksana dengan mengurangi kendaraan bermotor.Jangan sering menggunakan kendaraan bermotor jika tidak berpergian terlalu jauh.Selain tidak sehat sepeda juga menyebabkan polusi udara dan akan menanbah pelepasan karbon.
Cara berikutnya adalah mengurangi sampah plastik.Plastik sangat menguras konsumsi bahan bakal fosil yang sangat besar .Jadi jangan terlalu banyak menggunakan plastik yang berwarna-warni,lebih baik menggunakan yang berwarna putih.Karena warna dari plastik itu bisa luntur dan akan menempel kepada makanan yang kita bawa dan akan menimbulkan penyakit.
Cara yang terkhir adalah memilih sampah .Pilih sampah yang bisa di gunakan atau bisa di daur ulang,seperti kerajinan tas,keranjang sampah dan lain-lain.Jangan gunakan sampah yang tidak bisa di gunakan atau tidak bisa di manfaatkan.Selain tidak bermanfaat juga berpotensi menghasilkan gas metana yang lebih bahaya di bandingkan karbondioksida.

Dikutip dari artikel berjudul “Hemat Energi Kurangi Pelepasan Karbon”
oleh Ajeng

Tidak ada komentar:

Posting Komentar