Powered By Blogger

Kamis, 08 Maret 2012

Cacar

Cacar
Penyakit cacar disebut juga radang kulit. Cacar ada dua golongan. Herpes genetalis dan herpes  zoster, cacar ditandsai dengan timbulnya gelembung-gelembung air secara berkelompok dan dapat muncul di bagian tubuh mana saja.
Herpes genetalis yaitu infeksi atau peradangan pada kulit terutama di bagian kelamin, sedangkan herpes zoster infeksi yang disebabkan oleh virus. Virus ini menyebabkan cacar menyebar ke seluruh tubuh. Bahkan bias terjadi di selangkangan dan vagina.
Herpes zoster disebut juga infeksi pada kulit yang merupakan lanjutan dari cacar air. Virus yang menyerangnya sama, herpes zoster gelembungnya lebih besar-besar. Biasa terdapat di bagian-bagian tertentu saja.
Semua penyakit cacar bias menular dengan cara kontak langsung. Contoh pada herpes zoster penyakit ini dapat menular melalui bersin, batuyk, bersentuhan dengan penderita. Herpes genetalis menular melalui perilaku sex.
Orang yang mengalami cacar kemudian sembuh sebenarnya virus 100% tidak hialang dari tubuhnya. Virus itu bersembunyi dalam tubuhnya. Virus itu akan kembali aktif saat penderita yang sudah sembuh itu kondisisnya sedang lemah.
Keluhan yang biasa dirasakan penderita herpes adalah sakit perut. Selain itu orang yang terkena cacar biasanya akan merasa demam, menggigil, susah bernafas dan, nyeri, selain itu penderita juga merasa pegal dan sakit dibagian persendian.
Bila kondisi hawa dingin penderita dianjurkan tidak mandi. Karena bila penderita tersebut mandi dihawatirkan akan menimbulkan shock. Penderita sebaiknya tetap menjaga agar gelembungnya tidak pecah agar nantinya tidak menjadi bekas di kulit.
Obat-obatan yang diberikan pada penderita ditujukan untuk mengurangi nyeri, demam, karena sudah tidak mempunyai daya tahan tubuh melawan virus. Akibatnya tubuh sulit melawan virus tersebut dan menyebabkan nyeri serta demam. Selain itu kita harus hati-hati member obat karena jika tidak hati-hati obat dapat membakar kulit yang terkena cacar.
Saat daya tahan tubuh melemah, penderita cacar harus menjalani terapi infuse. Dan untuk mencegah penyakit herpes atau cacar ini biasa dilakukan vaksin/imunisasi. Biasanya jika pada anak yang sehat usia 1-12 tahun diberi 1 kali. Agar lebih sempurna imunisasi kembali dialakukan saat dewasa.


Dikutip dari artikel berjudul” Penyakit Cacar”
Oleh Astarita

Tidak ada komentar:

Posting Komentar