Powered By Blogger

Selasa, 07 Agustus 2012

Tanaman Obat di Indonesia


Keanekaragaman hayati di bumi juga bermanfaat sebagai bahan untuk mengobati berbagai macam penyakit, terutama tanaman yang tumbuh di Indonesia. Tanamn di Indonesia dikenal sebagai obat tradisional yang ampuh dan mujarab sehingga sebagian besar pabrik-pabrik obat tradisional Indonesia menggunakan bahan-bahan alam yang mudah ditemukan dan dikenal masyarakat luas.
Beberapa tanaman yang ada di Indonesia terbukti ampuh mengatasi berbagai penyakit yang lebih berat. Saat ini bahkan ada beberapa bahan yang dipercaya dapat mengobati AIDS, kanker, dan sebagainya. Tanaman obat juga sebagai alternatif untuk pengobatan yang alami dan lebih aman, tidak sedikit artis-artis manca negara memilih bahan alam untuk mempercantik kesehatan kulut dan tubuh.
Tanaman obat dapat dikonsumsi dengan cara diolah terlebih dahulu. Untuk tanaman obat yang digunakan sehari-hari dapat diolah dengan cara mudah, biasanya dengan cara direbus, atau diambil sarinya dengan diperas. Sedangkan tanaman diolah secara modern oleh pabrik-pabrik besar atau home industry dengan cara dikeringkan dan dipotong kecil-kecil agar cukup untuk dikemas dan praktis langsung dikonsumsi.
Walaupun telah banyak tanamn obat yang diproduksi secara modern, masyarakat yang mengkonsumsi haru stetap cermat dalam memilih produk tanamn obat, biasanya pada kemasan tertulis expdate apakah masih layak konsumsi atau tidak. Amati pula kode produksi, apakah sudah terdaftar pada BPOM atau Depkes.
Tanaman berikut sangat sering ditemukan dimasyarakat, bahkan telah menjadi obat dan produk yang baik untuk kesehatan.
Kina adalah satu-satunya tanamna yang ampuh untuk mengobati malaria. Kina sendiri merupakan tanaman yang tumbuh secara luas di hutan tropis. Pohon kina merupakan pohon perdu dengan kayu berwarna hijau.
Kayu putih sangat dikenal diIndonesian yang berfungsi untuk mengatasi kembung dan kedinginan. Selain untuk menghangatkan badan, kayu putih juga bisa digunakn untuk meredakan gatal-gatal karena gigitan serangga. Proses pengolahan dengan di suling dan diambil minyaknya.
Kencur sebagai tanamn obat tradisional sangat bermanfaat untuk mengobati batuk menghilangkan nafas tidak sedap, menghilangkan kembung dan mual, masuk angin serta manfaat-manfaat lainnya. Orang-orang Jawa, khususnya daerah Yogyakarta paling gemar mengkonsumsi dalam bentuk jamu. Tidak jarang juga dimakan secara mentah-mentah.
Kunir juga bermanfaat untuk mencegah sariawan, panas dalam, serta baik untuk wnita hamil dan menyusui kunyit berkhasiat untuk mendinginkan badan, membersihkan, mempengaruhi bagian perut. Khususnya pada lambung, merangsang, melepaskan lebihan gas di usus, menghentikan pendarahan dan mencegah penggumpalan darah, selain dari itu juga digunakan sebagai bahan dalam masakan. Kunyit juga berkhasiat untuk menyembuhkan hidung yang tersumbat, caranya dengan membakar kunyit dan menghirupnya.
Mahkota dewa merupakan tanaman yang sangat terkenal yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Tanaman atau pohon mahkota dewa seringkali ditanam sebagai tanaman peneduh. Ukurannya tidak terlalu besar dengan tinggi mencapai tiga meter, mempunyai buah yang berwarna merah menyala yang tumbuh dari batang utama hingga ke ranting. Mahkota dewa berfungsi sebagai anti histamin (anti alergi).

Dikutip dari artikel berjudul “Keanekaragaman Hayati”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar