Powered By Blogger

Rabu, 08 Agustus 2012

MANFAAT TEH HIJAU BAGI KESEHATAN


 
          Teh hijau adalah sejenis teh yang tebuat hanya dari  daun  camelia sinensis, yang mengalami oksidasi minimal sepanjang proses pembuatannya. Teh hijau ini berasal dari  negeri Cina. Teh ini biasanya dikaitkan dengan kebudayaan timur, yaitu minum teh di musim dingin.
          Teh ini sebelum diminum harus direndam dulu. Bila airnya terlalu panas atau terlalu lama merendam maka rasa teh yang dihasilkan akan terasa pahit. Biasanya waktu perendaman teh berkisar 30 detik hingga 3 menit.
          Teh hijau ini mengandung kafein. Selain itu, teh hijau juga mengandung teofilin dan teobromin. Tetapi, kandungan kafein bisa hilang bila sebanding dengan waktu perendamannya.
          Sebuah penelitian yang dilakukan di universitas Tohoku  Jepang pada tahun 2006 dan dicantumkan di  Journal of  the American Association menyimpulkan bahwa teh hijau dapat mengurangi angka kematian akibat penyakit kardiovaskular. Beberapa penelitian ilmiah lain juga turut mendukung hal tersebut. Hal tersebut banyak didukung karena selain mengurangi angka kematian akibat penyakit kardiovaskular juga mengandung manfaat lain.
          Selain itu, beberapa penelitian ilmiah membuktikan khasiat teh hijau dalam melawan penyakit jantung, kanker, pembentukan plak arteri jantung, stress, kolesterol tinggi, rheumatoid  arthtritis, dan HIV. Selain itu, ada juga yang menyebutkan kegunaan kegunaan teh hijau untuk menghaluskan kulit. Penelitian lain juga menyebutkan teh hijau untuk melangsingkan tubuh.
          Perlu juga untuk diperhatikan bahwa teh secara umum dapat menghambat penyerapan obat-obatan tertentu sehingga perlu diberi jarak dua jam antara mengkonsumsi obat dengan minum teh. Tetapi teh ini juga memiliki efek samping, yakni sedatif dan keracunan hati. Oleh sebab itu, jangan terlalu berlebihan dalam mengonsumsi teh hijau.


Nama                   : Nurul sukma
Kelas          : Farmasi b
No. absen   : 22                                          Dikutip dari artikel berjudul “Teh Hijau”
           

Tidak ada komentar:

Posting Komentar