Powered By Blogger

Selasa, 07 Agustus 2012

Jambu Biji


 
            Musim hujan saat ini biasanya berbagai penyakit banyak bermuculan, seperti demam berdarah. Demam berdarah adalah penyakit yang menyerang trombosit darah. Trombosit darah adalah keping darah yang berfungsi untuk pembekuan darah.
           
            Jika anda terkena diare, daun jambu biji bisa menjadi alternatif obatnya. Daun jambu biji ini khasiatnya sebagai anti diare. Beberapa senyawa kimia yang terkandung dalam jambu biji antara lain: polifenol, karoten, flavonoid, dan tannin.

            Berdasarkan penelitian, daun jambu biji berkhasiat sebagai antioksidan. Tanaman yang mempunyai nama latin Psidium guajava. Kandungan antioksidannya lebih tinggi dibandingkan dengan jambu biji lainnya (luar negeri). Jus jambu biji merah diyakini memiliki khasiat meningkatkan daya tahan tubuh bagi penderitanya.

            Susi menggunakan bahan baku daun jambu biji merah lokal dan daun jambu biji putih untuk melakukan penelitian. Daun tersebut diuji secara kimia dengan metode tiotarbiturik (TBA). Daun tersebut sebelum dianalisis dikeringkan terlebih dahulu.

            Hasil pengujian daun jambu biji putih lokal memiliki vitamin E atau tokoferol lebih tinggi dibandingkan dengan daun jambu biji merah lokal. Hal ini terbukti pada pengujian menggunakan metode TBA, ekstrak etanol dari daun jambu biji putih lokal dapat menghambat oksidasi lipida sampai 94,19% terhadap kontrol yang tidak diberi antioksidan. Ini berarti daun jambu biji terbukti memiliki kemampuan antioksidan .





Annisa Ayu S
X Farmasi B
Dikutip dari artikel berjudul “Daun Jambu Biji”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar