Powered By Blogger

Selasa, 07 Agustus 2012

Temu Kecil Istimewa


                                                          
Kecur adalah salah satu jenis tanaman yang tergolong temu-temuan. Kencur juga memiliki kandungan yang berkhasiat. Kencur juga memiliki manfaat yang banyak, salah satunya sebagai ekspektoran (obat batuk berdahak).
Tanaman kencur ini sudah cukup terkenal di negara lain. Hanya saja sebutannya  yang berbeda. Di Malaysia, kencur disebut  cekur dan di Thailand kencur disebut  prohom.
 Jenis temu-temuan seperti kencur banyak sekali ditanam di pekarangan sebagai tanaman obat. Meskipun bentuk rimpangnya hampir sama semua, tapi mudah dibedakan dari daunnya. Dan dari masing-masing temu-temuan ini juga memiliki khasiat.
Kencur juga dapat tumbuh baik di daerah pegunungan, asalkan tanahnya gembur dan tidak terlalu banyak air. Rimpang kencur berada di dalam tanah. Apabila terlalu banyak air mudah berjamur.
Tanaman kencur memiliki berbagai ciri-ciri. Jumlah helaian daun kencur tidak lebih dari 2--3 lembar, jarang 5 lembar. Susunan daun berhadapan  dan tumbuh menggeletak di atas permukaan tanah. Bunga tersusun setengah duduk dengan kuntum bunga berjumlah antara 4--12 buah, bibir bunga berwarna lembayung dengan warna putih lebih dominan.
Tanaman kencur dapat tumbuh baik pada musim penghujan. Kencur dapat ditanam di pot atau di perkebunan yang cukup sinar matahari. Dan jangan terlalu banyak air karena mudah lembab  dan menyebabkan tumbuhnya jamur.
Cara pengolahan tanaman kencur sebagai pengobatan sangat banyak, salah satunya sebagai obat batuk. Adapun caranya. Ambil beberapa rimpang kencur, kupas kulitnya dan parut. Setelah itu, peras hasil parutannya dan ambil airnya dengan disaring hingga kira-kira mendapatkan 250 ml. Tambahkan sedikit madu dan bubuhkan beberapa tetes air jeruk nipis. Minum tiga kali sehari hingga batuk menghilang.

Dikutip dari artikel “Tanaman Kencur”
                                               SELAMAT MENCOBA.......

Tidak ada komentar:

Posting Komentar