Powered By Blogger

Selasa, 07 Agustus 2012

MANFAAT TANAMAN DAUN SAMBILOTO


                                                
                
            Tahukah kamu ? Bahwa tanaman sambiloto yang bisanya dibiarkan begitu saja oleh warga ternyata banyak mengandung maanfaat bagi kesehatan.Tanpa orang-orang sadari bahwa tanaman daun sambiloto ini banyak sekali kandunganya. Dari kandungan zat-zat itulah yang biasanya dibuat mengobati penyakit.Tanaman obat daun sambiloto ini termasuk familia acanthaceae.
        Ciri-ciri dari tanaman daun sambiloto yaitu daunya tunggal, bertangkai pendek, letak berhadapan bersilang,bentuknya lanset, pangkal runcing, ujung meruncing, tepi merata, permukaan atas hijau tua,bagian bawah hijau muda, panjan 2--8 cm, dan lebar 1--3 cm.
        Tanaman daun sambiloto ini banyak sekali kandunganya sehingga bisa untuk mengobati berbagai penyakit. Dari daun percabanganya mengandung laktone yang terdiri dari deoksiandrografolid,andrografoli (zat pahit), neondragrofolid, 14-deoksi-11-12, didehidroandrografolid,dan homoandrografolid. Dan zat aktif andrografolid terbukti berkhasiat sebagai hepatoprotektor (melindungisel hati dari zat toksik).
        Tanpa kita sadari manfaat dari daun sambiloto ini banyak sekali. Daun sambiloto ini bisa untuk mengobati penyakit thypus, disentri basiler, diare, radang saluran nafas, radang paru-paru, influensa, sakit kepala, demam, batuk rejan, darah tinggi, tonsilitis, faringitis, infeksi telinga tengah.Jadi, kalian dirumah, apabila mengalami penyakit tersebut, kalian bisa memakai tanaman ini, dengan ramuan alami dan tanpa efek samping yang berbahaya.
        Dari manfaat daun sambiloto diatas kalian bisa mencoba menggunakan sewaktu-waktu.
Cara penggunaanya yaitu:
        Ambil satu genggam daun sambiloto, Cuci bersih, kemudian masak dengan 3 gelas air dan biarkan sampai dengan ! Setengah gelas, lalu saring dan ambil airnya dan minum 3 kali sehari secara rutin.

Ervina Dian Nofita
                                                                         Farmasi B

Dikutip dari artikel berjudul “Manfaat Sambiloto”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar