Powered By Blogger

Rabu, 08 Agustus 2012

LIDAH BUAYA




Nama ilmiah dari lidah buaya adala aloevera.Tanaman ini bisa mentasi radang kulit, juga bisa menyembuhkan luka bakar. Lidah buaya ini juga bisa mengatasi keluhan atau ganguan.
             Tanaman lidah buaya mempunyai ciri-ciri, pelepah lidah buaya kira-kira seukuran telapak tangan, berduri, kulitnya berwarna hijau. Juga mengandung zat lignin kandunganya dapat menembus sekaligus meresap ke dalam kulit juga menahan hilangnya cairan dari permukaan kulit. Dengan lidah buaya ini kulit jadi tidak cepat kering sementara kelembapanya tetap terjaga.
            Tanaman lidah buaya juga mempunyai manfaat yaitu untuk mengobati luka usus, menyembuhkan penyakit langganan, membantu metabolisme tubuh, penyuburan rambut, dan  penurunan pada gula darah. Luka usus karena makanan masuk tidak terkontrol atau sering mengonsumsi makan-makanan keras yang melewati rangsangan asam lambung. Selain itu, juga mengandung zat sapolin yang bisa membersihkan usus yang bersifat anti septik.
            Kandungan dari lidah buaya yaitu: enzimcellulose, amylose, protein, dan biogenik simulator. Kandungan-kandungan itu merupakan zat aktif dapat membantu metabolisme tubuh. Selain dapat membantu metabolisme tubuh, juga dapat merangsang pertumbuhan dan generasi dan sel kulit.
            Cara pengolahan lidah buaya, yaitu pelepah lidah buaya dibersihkan dan mengupas durinya, kulit, dan daun duri. Lalu rendam sekitar 30 menit di air garam lalu remas sebentar dibilas di bawah air yang mengalir, rebus diair yang mendidih. Minun setengah gelas, 2 sampai 3 kali sehari.


Dikutip dari artikel berjudul “Lidah Buaya”

Ita Lestari

Tidak ada komentar:

Posting Komentar