Powered By Blogger

Rabu, 08 Agustus 2012

MANFAAT DARI DAUN PEPAYA


          
          Selain rasanya yang pahit ternyata daun pepaya memiliki begitu banyak manfaat. Dari beberapa penelitian menjelaskan bahwa kandungan yang terdapat pada batang,dan daun pepaya begitu banyak. Kandungan tersebut di antaranya adalah getah putih seperti susu (white milky latex) yang berfungsi sebagai anti kanker.

        Selain itu, daun pepaya masih banyak memiliki kandungan zat. Kandungan zat tersebut di antaranya adalah vitamin A, kalori, protein, lemak, fosfor, besi, dan air. Kandungan zat tersebut berfungsi sebagai menyembuhkan penyakit kulit.

        Di dalam getah pepaya juga terdapat asam amino, antara lain asam asapartat treonin, serin, asam glutamat, prolin, glisin, alanin, dan valine. Bahan-bahan tersebut biasanya dipadukan dalam bahan baku industri kosmetik untuk menghaluskan kulit,  menguatkan jaringan agar lebih kenyal, dan menjaga gigi dari timbunan plak. Bagi kaum wanita bisa digunakan untuk keputihan, demam akibat nifas, dan juga melancarkan haid.

       Berikut ini adalah beberapa manfaat daun pepaya beserta cara pengolahannya.
 1.Sebagai obat jerawat
        Bagi kamu yang merasa tidak pede mempunyai wajah yang berjerawat. Terutama bagi wanita yang selalu memperhatikan kecantikan. Daun apaya dapat mengobatinya yaitu dengan membuatnya menjadi masker.
Cara membuat maskernya:ambil 2-3 lembar daun apaya yang sudah tua. Kemudian jemur dan tumbuk sampai halus. Tambahkan satu setengah sendok air, baru dapat deimanfaatkan untuk muka penuh jerawat.
 2.Memperlancar pencernaan
       Daun dari tumbuhan apaya memiliki kandungan kimia senyaa karpain. Zat itu dapat membunuh mikroorganisme yang sering mengganggu fungsi pencernaan.
  3.Menambah nafsu makan
       Manfaat ini terutama untuk anak-anak yang sulit makan. Ambil daun apaya yang segar dan memiliki ukuran sebesar telapak tangan. Kalau sudah ketemu tambahkan sedikit garam dan air hangat setengah cangkir. Campur semua lalu diblender. Kemudian saring airnya, nah air itulah yang dapat dimanfaatkan untuk menambah nafsu makan.

    




Dikutip dari artikel berjudul “Manfaat dari Daun Pepaya”


Nama:Susanti Silalatu S.
Kelas:Farmasi B

Tidak ada komentar:

Posting Komentar