Powered By Blogger

Rabu, 08 Agustus 2012

GINSENG


          Ginseng adalah sejenis tumbuhan berkhasiat untuk obat yang termasuk dalam suku Araliaceace. Tanaman ginseng tumbuh di wilayah belahan bumi utara, terutama di Siberia, Manchuria, korea, dan Amerika Serikat. Nama ginseng diambil dari bahasa Mandarin dibaca (ren sen) yang berarti duplikat manusia, karena bentuk akar yang menyerupai manusia.
          Ginseng digunakan dalam pengobatan tradisional. Akar tanaman ini dapat memperbaiki aliran darah. Terutama untuk meningkatkan produksi sel darah merah, serta membantu memulihkan penyakit.
          Di Indonesia terdapat juga tanaman ginseng. Khususnya di pulau Jawa, yaitu Giseng  Jawa (talinum paniculatum gaertn). Fungsinya sama seperti ginseng pada umumnya.
          Ginseng adalah tumbuhan yang berumur panjang. Ginseng dapat tumbuh hingga ratusan tahun. Pada umur lima tahun tanaman itu baru mulai bercabang dan berbatang 2 karena cabang itu muncul langsung dari tanah.
          Bentuk ginseng akarnya seperti tubuh manusia. Sari dari ginseng itu mengandung panaksosida (sejenis glikosida saponim). Gunanya untuk membunuh penyakit pada tubuh.
          Ginseng menunjukkan khasiatnya untuk mencegah dan menyembuhkan penyakit. Pada tahun 1969, Brehman ilmuan dari Universoviet ( kini rusia) meneliti ginseng dan manfaatnya.
Dikutip dari artikel “Manfaat Gingseng”
NAMA                 : ITA DEWI KUMALASARI
KELAS                : FARMASI B
NO ABSEN                   :15

Tidak ada komentar:

Posting Komentar